Tuesday, January 6, 2015

Status Gunung Slamet Turun Menjadi Waspada

Unknown     10:39 PM     No comments

"Masyarakat tetap kami imbau waspada. Masih ada potensi letusan."

Gunung Slamet mengeluarkan material vulkanik terlihat dari Desa Guci, Kabupaten Tegal, Jateng, Rabu (17/9) (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah mengalami penurunan status dari siaga menjadi waspada. Sebab, tinggi aktivitas vulkanik sejak lima bulan lalu kini telah stabil.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Slamet Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Sudrajat, mengatakan, turunnya status gunung Slamet ditetapkan pada Selasa, 6 Januari 2015.

"Penurunan status tersebut dilakukan karena aktivitas Gunung Slamet cenderung stabil. Aktivitas seismik Gunung Slamet yang terekam dalam seismograf cenderung menunjukkan garis lurus," kata Sudrajat kepada VIVAnews, Rabu, 7 Januari 2015.

Perubahan status Gunung Slamet juga berimbas pada radius aman yang diturunkan oleh PVMBG. Sebelumnya, radius aman maksimal empat kilometer dari puncak, kini berubah menjadi dua kilometer dari puncak.

Berdasarkan pantauan di Pos PGA Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, hari ini, aktivitas Gunung Slamet cenderung menunjukkan cuaca terang dan tenang. Saat kondisi tampak secara kasat mata, cermati embusan asap putih tebal, tinggi lk 50 meter.

"Aktivitas kegempaan pukul 00.00-24.00 WIB terjadi 73 kali gempa embusan, amak 3-4 mm, lg 20-50 derajat," katanya.

Sudrajat menambahkan, meski kesimpulan sementara gunung yang berada di wilayah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes itu turun, masyarakat diminta tetap waspada.


"Masyarakat tetap kami imbau waspada dan tidak beraktivitas sampai pada radius dua kilometer dari puncak. Karena, pada status waspada ini masih ada potensi letusan yang mengarah pada radius tersebut," ujar Sudrajat.

Source : VIVA.co.id

, ,

0 comments :

Recommended

Like Us

Info Beasiswa

Online

Kecantikan

News

Gadget

Find Us On Facebook

728x90 AdSpace

Health

Advertisement

Beasiswa

Powered by Blogger.

Travel

Health

Health

Translate

Popular Posts

Archive

Teknologi

News

Legal Stuff

FAQ's

Lowongan Kerja

Blogroll

Subscribe to Newsletter

We'll never share your Email address.
© 2015 Share Haba. Blogger Templates Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.